Pelayanan perpustakaan dapat diartikan sebagai kegiatan pemberian bantuan kepada pengguna perpustakaan untuk dapat memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Termasuk didalamnya pemberian bantuan terhadap penggunaan seluruh sarana dan fasilitas yang tersedia di perpustakaan.
Melalui kegiatan layanan di perpustakaan, pengguna dapat memperoleh hal berikut:
1. Informasi yang dibutuhkannya secara optimal dari berbagai media.
2. Manfaat berbagai alat bantu penelusuran yang tersedia.
Kegiatan pelayanan yang diberikan di sebuah perpustakaan paling tidak harus memenuhi prinsip-prinsip dasar :
• Sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengguna perpustakaan.
• Diberikan kepada pengguna atas dasar keseragaman, keadilan, dan kemerataan.
• Dilaksanakan secara optimal dan dilandasi oleh peraturan yang jelas.
• Dilaksanakan secara cepat, tepat, dan mudah melalui cara yang teratur, terarah, dan cermat.
• Menarik, menyenangkan dan menimbulkan rasa simpati.
• Mengundang rasa ingin kembali.
• Pustakawan yang komunikatif, ramah tamah, bersifat informatif, membimbing, dan mengarahkan, tetapi tidak bersifat menggurui.
• Mengembangkan hal-hal yang baru atau inovatif
• Mampu berkompetisi dengan layanan di bidang lain
• Mampu menumbuhkan rasa percaya bagi pemakai
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Pelayanan Perpustakaan"
Posting Komentar